Teknik Memasang Batu Bata

Batu bata atau sebut saja batu merah pada sebuah dinding rumah merupakan sebuah pekerjaan yang mudah namun sebenarnya membutuhkan ketelitian dalam pelaksanaanya, pasangan batu bata yang tidak baik akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti dinding retak, dinding bergelombang, dinding miring atau bahkan akibat yang paling fatal adalah kerobohan pasangan dinding batu bata.
Pekerjaaan pasangan batu merah biasanya dilanjutkan dengan pekerjaan plesteran, pekerjaan acian, amplas dinding kemudian finishing cat atau walpapaer dinding, jarak antara masing-masing pekerjaan tersebut sebaiknya dilakukan dalam rentang waktu yang cukup sehingga didapatkan hasil pengerasan sempurna dan kualitas pekerjaan pasangan dinding bata yang baik.

Dalam pembuatan campuran adukan untuk pasangan batu merah harus sesuai satnadar pekerjaan agar tidak terjadi keruntuhan dari kekurangan semen sebagai bahan pengikat pasangan batu merah. perbandingan campuran adukan yang umum digunakan antara lain 1 pc : 6 ps misalnya dengan perbandingan satu ember semen divampur dengan enam ember pasir. perbandingan ini menyesuiakan kualitas dinding yang direncanakan serta pada posisi mana dinding dipasang apakah berhubungan langsung dengan cuaca luar atau pada lokasi yang terlindung.

Dalam pelaksanaan pekerjaan pasangan tembok, tembok batu diberi pilaster. Pilaster ini gunanya untuk memperkuat kedudukan tembok agar kuat mendukung beban di atasnya. Pasangan pilaster pada umumnya dipasang ditempat tempat tertentu dengan ukuran sesuai kebutuhan, ada kalanya pilaster sebagai hiasan (pemanis) ruangan belaka. Cara memasang pilaster tetap mengacu pada ikatan pasangan yang berlaku untuk tebal tembok yang telah ditentukan oleh ukuran pilaster tersebut, sedang ikatan untuk tembok disebelahnya tetap digunakan seperti aturan terdahulu. Untuk itu diberikan beberapa contoh pilaster pada pertemuan ½ pasangan batu merah. Dengan penggambaran siar satu garis.


  • Tembok lurus ½ bata pakai pilaster dengan batas pasangan gigi bertangga.
  • pasangan bata
  • Pertemuan tembok sudut, ikatan ½ batu pakai pilaster.
  • pasangan bata plester 2



selain pasangan batu merah terdapat juga alternatif material lain yang dapat digunakan dalam pekerjaan dinding rumah seperti, multriplek rangka kayu, dinding gypsum rangka hollow, dinding bambu dan sejenisnya. namun karena kemudahan dalam mendapatkan dan biaya terjangkau menjadikan batu bata sebagai pilihan pertama dalam membangun rumah.

Jika kita hendak mengerjakan sebuah pasangan batu merah mungkin terlebih dahulu memperkirakan jumlah kebutuhan batu merah yang akan dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan, Berapa kebutuhan batu merah per meter ? Jumlah batu merah yang diperlukan untuk membuat dinding seluas 1 m2 berkisar antara 60 buah sampai dengan 80 buah tergantung jarak spesi adukan dinding dan ukuran batu bata.


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Teknik Memasang Batu Bata

Posted by wwwcampfire, Published at 10.51.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar