Membangun Rumah Dengan Biaya Murah

Dalam hidup tentunya kita ingin mempunya sebuat tempat tinggal yang nyaman yang kita idam-idamkan, untuk ditinggali bersama keluarga tercinta. Untuk itu ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam Membangun Rumah Dengan Biaya Murah.

Yang pertama adalah pada aspek desain rumah. Pada pembuatan hunian, untuk menekan biaya, desain dimulai dari struktur hunian anda yang mungkin termasuk rumah minimalis yang bagus, denah ruangan dan pemilihan material bangunan. Untuk membuat desain, bagi kalangan awam tentu sulit untuk melakukannya. Perlu tenaga profesional dalam melakukan desain seperti ini dengan mengambil contoh pada rumah minimalis bagus.

Penggunaan tenaga profesional seperti artsitek dalam membangun rumah, tampaknya akan mahal dan menambah biaya. Tapi sebenarnya, banyak arsitek yang tidak memasang tarif tinggi. Hal ini disebabkan adanya persaingan di kalangan arsiek tentang tarif mereka sendiri.

Meski terdapat biaya untuk jasa arsitek baik itu rumah minimalis ataupun rumah mewah, namun desain yang dihasilkan bisa terkonsep dengan jelas. Begitu juga dengan material yang dibutuhkan akan dapat dihitung dengan lebih pasti sehingga mengurngi pembelian bahan secara berlebihan. Spesifikasi bahan juga bisa dipilihkan yang sesuai dengan anggaran. Dan yang lebih penting, struktur bangunan akan baik, karena telah dihitung dengan cermat oleh orang yang ahli dalam bidangnya. Secara keseluruhan, desain akan memperhitungkan dengan anggaran yang dimiliki, namun memenuhi standar kualitas yang baik.

Dalam pembuatan tempat tinggal dengan anggaran terbatas, perencanaan struktur hunian sangat penting. Struktur yang efisien akan sangat mempengaruhi anggaran, karena biaya struktur hunian berkisar 40-50 persen dari seluruh biaya. Sebagai contoh, perencanaan struktur atap rumah dengan menggunakan desain rumah minimalis type 45 . Pada bagian ini, memakai atap fiber semen tanpa kandungan asbestos akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan atap genteng, karena pemakaian atap fiber semen tidak memerlukan kaso dan reng, karena beban yang ada tidaklah berat.

Selain hal tersebut di atas, jika lebar ruang tidak lebih dari 4m, tidak diperlukan struktur kuda-kuda, hanya digunakan sopi-sopi. Jarak tinggi ruang, sebenarnya cukup 2,5 meter jika mempunyai ventilasi dan bukaan yang baik sesuai dengan luas ruang. Hal-hal tersebut berimbas pada penghematan struktur kolom dan dinding.

Hal lain yang tak kalah penting adalah memilih penggunaan material bangunan. Perlu beberapa trik yang bisa dimanfaatkan, seperti memasang bata dengan susunan tertentu. Dipassang biasa, diberi jarak antara bata merahnya sehingga dinding berlobang-lobang, atau disusun dengan susunan setengah bata dan lain sebagainya seperti pada desain rumah minimalis type 45.

Pada pemilihan material, perlu kecermatan dalam membelinya. Banyak terdapat bahan-bahan bekas, yang dengan sedikit polesan, masih dapat digunakan dengan baik. Kusen-kusen bekas atau pintu bekas juga dapat didaur ulang. Penghematan dalam bagian ini akan sangat signifikan.


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Membangun Rumah Dengan Biaya Murah

Posted by wwwcampfire, Published at 07.29.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar